Jakarta (08/07/2013) – Cadangan minyak Indonesia makin hari makin berkurang, bahkan hanya tersisa sekitar 12 tahun saja. Indonesia membutuhkan cadangan minyak baru minimal 310 juta barel per tahun.

“Cadangan minyak Indonesia itu terus turun, tinggal beberapa tahun lagi,” ucap Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Rudi Rubiandini dalam pesan singkatnya, Senin (08/07/2013).

Untuk dapat menambah cadangan minyak Indonesia yang hanya tinggal sekitar 12 tahun lagi, Indonesia harus menemukan cadangan minyak baru minimal mencapai 310 juta barel per tahun.

“Minimal kita itu menemukan cadangan minyak 310 juta barel per tahun, karena kita produksi minyak per harinya mencapai 840.000 barel per hari. Jadi kalau setahun diproduksi setidaknya mencapai 310 juta barel per tahun,” katanya.

Namun sayangnya, sampai saat ini Indonesia belum juga mendapatkan tambahan cadangan minyak yang cukup besar. Minimal untuk mengantikan minyak yang disedot tiap harinya.

“Tidak ada, belum ada kita menemukan cadangan minyak yang besar minimal menggantikan apa yang kita pakai tiap harinya,” ucapnya.

Hampir semua pengeboran yang dilakukan yang didapat adalah gas bumi (natural gas), proyek-proyek migas yang besarpun pada tahun 2014 dan ke depannya lebih banyak proyek gas bumi.

“Tapi untuk bisa dapat minyak cuma satu cara, ya ngebor terus… tahun ini kita targetkan akan ada 258 pengeboran sumur eksplorasi,” kata Rudi.

 

 

Sumber: http://www.detik.com (July 8th, 2013)